foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
school

BHK SCHOOL

YAYASAN ASTI DHARMA

Who's Online

We have 10 guests and no members online

Slide

Gedung Yayasan

Visitors

658136
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
69
381
1288
653059
5146
18182
658136

Your IP: 54.227.51.103
Server Time: 2017-12-13 03:02:02

MEWUJUDKAN GREEN SCHOOL DI SEKOLAH BHK

Semenjak terbitnya Ensiklik “Laudato Si” pada tahun 2015, yang ditulis oleh Paus Fransiskus, dunia menyadari bagaimana tanggung jawab kita masa kini untuk mengurus bumi sebagai rumah kita yang semakin hari semakin memprihatinkan. Sri Paus ingin mengajak manusia untuk terlibat dalam menjaga alam semesta agar bumi sebagai sahabat kita mampu menghidupi anak cucu kita di kemudian hari.

 

Sekolah BHK Kota Wisata melaksanakan anjutran Sri Paus dengan program “Green School”. Artinya BHK ingin menjadi sekolah hijau. Dalam arti luas sekolah mempunyai komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program penanaman nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah. Penataan sekolah lebih ekologis dan penerapan kebijakan kesehatan di kantin sekolah.

Mengamati kondisi lingkungan sekitar kita saat ini, konsep sekolah hijau sangat penting untuk diimplementasikan secara lebih luas. Berbagai bencana alam yang terjadi seperti banjir, tanah longsor, sebagian besar diakibatkan oleh perbuatan manusia yang merusak ekosistem lingkungan. Perlu dilakukan upaya penyadaran diri agar anak-anak makin ramah dengan lingkungan. Konsep sekolah hijau dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan menjadi penting dan strategis. Di sekolah proses pembelajaran mengarah pada upaya pembentukan perilaku siswa yang peduli lingkungan melalui model pembelajaran yang aplikatif dan menyentuh kehidupan sehari-hari. Sementara itu, lingkungan sekolah dijadikan wahana pembiasaan perilaku peduli lingkungan sehari-hari. Dengan demikian, kedua aspek tadi menuju pada satu tujuan yaitu internaslisasi atau pembiasaan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyusunan sekolah hijau dilakukan secara holistik dengan mengkaitkan seluruh program yang ada di sekolah serta mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat. Sekolah BHK memiliki lahan, dan sumber lainnya yang mendukung. Program sekolah hijau harus mengembangkan kurikulum berbasis lingkungan, pendidikan berbasis komunitas, peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan sekitarnya, sistem pendukung yang ramah lingkungan dan manajemen sekolah yang berawawasn lingkungan.

Implementasi sekolah hijau di BHK dilakukan secara integratif, selain penananam berbagai jenis tumbuhan oleh siswa-siswi, baik dengan media tanah maupun hidriponik, sekolah BHK juga mengurangi penggunaan stryfoam di kantin sekolah. Sedikit demi sedikit program mengurangi penggunaan plastik di lingkungan sekolah juga akan dilakukan. Pengolahan sampah untuk digunakan pupuk dan penyimpanan air dengan system biopori juga telah dan akan dilaksanakan sebagai perwujudan sekolah hijau di BHK.

Lingkungan sekolah adalah lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Jika lingkungan sekolah dapat ditata dan dikelola dengan baik, maka akan menjadi wahana efektif pembentukan perilaku peduli lingkungan. “Green School” adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli dan melestarikan lingkungan. (fxs)

 

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2017 Yayasan Asti Dharma Rights Reserved.