foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
school

BHK SCHOOL

YAYASAN ASTI DHARMA

Who's Online

We have 33 guests and no members online

Slide

Gedung Yayasan

Visitors

648496
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
322
537
2004
642008
13688
15439
648496

Your IP: 54.224.164.166
Server Time: 2017-11-22 14:02:48

Manfaat MOS bagi Pembentukan Karakter Siswa


Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah untuk menyambut kedatangan murid atau siswa baru. Masa orientasi biasanya kita jumpai hampir di tiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi. Baik sekolah negeri maupun swasta, hampir semuanya menggunakan cara itu untuk memperkenalkan almamater kepada siswa barunya.

Tujuan utama MOS memang digunakan untuk sarana perkenalan antara siswa dengan lingkungan barunya di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan antar siswa baru, dengan kakak kelas, ataupun guru dan karyawan lainnya yang ada di sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Selain itu, MOS juga dijadikan sebagai wahana untuk melatih kedisiplinan, ketahanan mental dan mempererat tali persaudaraan. Sehingga dengan tujuan itu pulalah, MOS bisa menjadi sarana untuk membentuk karakter siswa.

Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan selama MOS berlangsung, siswa baru diperkenalkan pada kultur sekolah serta jenis karakter seperti apa yang ingin dikembangkan di sekolah tersebut. Penjelasan tentang visi dan misi sekolah berikut penjabarannya dalam bentuk kurikulum menjadi sarana untuk menyampaikan kultur macam apa yang hendak dibangun kepada para siswa baru. Selain itu, dengan kegiatan-kegiatan seperti: olah kreativitas, baris berbaris, olah raga, dan sebagainya, dapat melatih siswa baru untuk mengembangkan karakter yang menjadi ciri khas sekolah tersebut.

Kegiatan MOS SMA BHK sebagai penjabaran visi dan misi sekolah

Segala kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan MOS merupakan penjabaran dari visi dan misi sekolah. Dan itu artinya, semua kegiatan yang tidak relevan dengan visi dan misi sekolah harus dihilangkan. Inilah yang harus diperhatikan, agar tidak terjadi.

Pendampingan guru terhadap panitia MOS
Kepanitia MOS dari unsur siswa senior perlu mendapatkan pengarahan yang baik dari para guru yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan MOS. Para siswa yang menjadi panitia tersebut perlu dilatih untuk mampu melaksanakan tugasnya sesuai kesepakatan bersama dalam kepanitiaan agar MOS dapat dilaksanakan dengan baik. Perlunya panduan / petunjuk teknis pelaksanaan MOS

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam MOS. Yang harus selalu diingat, bahwa MOS merupakan wahana pengenalan kultur dan karakter sekolah BHK kepada para siswa baru. Sehingga dengan memegang pengertian tersebut, akan terhindar hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan MOS. Bahkan justru MOS menjadi ajang yang bermanfaat bagi penyiapan kader-kader generasi penerus bangsa yang berkarakter. Tetap semangat yaa.

Manfaat kegiatan mos

bagi siswa baru – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap sekolah menyelenggarakan kegiatan masa orientasi siswa, disingkat MOS. Kegiatan orientasi atau pengenalan ini dilakukan pada awal sekolah bagi siswa baru yang diterima di sekolah tersebut. Untuk tahun pelajaran 2014/2015 ini diperkirakan akan sama pelaksanaannya dengan kegiatan MOS tahun sebelumnya. Masih dilaksanakan pada bulan puasa. Kenyataan ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi siswa untuk mengenali sekolah baru tempat mereka akan menimba ilmu lebih kurang 3 tahun berikutnya.

manfaat MOS bagi siswa baru

1.Mengingatkan siswa sesuatu yang baru.
Menjadi warga sekolah yang baru akan mengingatkan siswa kepada hal-hal baru. Semangat dan cara belajar, seragam sekolah, lingkungan sekolah, auturan dan tata tertib yang baru, termasuk cara bersikap dan bertingkah laku di sekolah baru.
2.Mengenalkan siswa pada lingkungan baru.
Siswa baru perlu mengenal semua lingkungan baru di sekolah. Dengan mengenal lingkungan ini, siswa akan bersemangat untuk belajar. Lingkungan sekolah baru terdiri dari lingkungan fisik dan personal. Yang termasuk lingkungan fisik antara lain: areal sekolah, ruang belajar, fasilitas pendukung belajar, dan sarana prasarana lainnya. Sedangkan lingkungan personal antara lain kepala sekolah, majelis guru dan pegawai serta semua personal yang ada di sekolah.
3.Mengarahkan siswa pada program dan cara belajar.
Di sekolah baru siswa akan mengalami program dan cara belajar yang baru. Pengarahan ini bertujuan agar siswa dapat memulai belajar dengan penuh semangat untuk meraih prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar dimaksud adalah prestasi akademik dan prestasi non akademik sebagai wujud pengembangan diri siswa Beberapa manfaat kegiatan MOS bagi siswa baru. Mudah-mudahan akan memberi motivasi bagi siswa baru untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh supaya dirasakan manfaatnya.

Tujuan Diadakannya MOS Tujuan diadakkannya MOS bagi siswa baru.

SD BHK atau masa orientasi siswa adalah bertujuan untuk mengenalkan peserta didik dalam lingkungan belajar yang baru agar memiliki kesiapan belajar yang baik. Mereka dikenalkan tentang fasilitas belajar, strategi belajar, kurikulum, tata tertib siswa, kultur akademik pada sekolah baru beserta lingkungan barunya , pendidik dan tenaga kependidikan, serta teman-teman, baik seangkatan, maupun kakak-kakak kelasnya. Selama tiga hari anak didik menjalani masa Orientas, Siswa/I bukan digojlok dan semacamnya, hanyalah pengenalan lingkungan ,baris berbaris dan teman-teman sekelas serta bapak ibu. Kegiatan yang pertama mengajak anak-anak keliling sekolah melihat lingkungan sekolah barunya di BHK serta menyanyi-nyanyi di dalam kelas dan belum ada pelajaran, kemudian perkenalan nama.Dan untuk anak kelas atas dikasih materi baris berbaris sehingga membentuk anak mempunyai karakter yang baik untuk membentuk pribadi yang dewasa dan mampu untuk berkreasi. (GPW)

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2017 Yayasan Asti Dharma Rights Reserved.